Home » » Oliebollen, Empuk-empuk Legit Erg Lekker!

Oliebollen, Empuk-empuk Legit Erg Lekker!

Written By Anonymous on Thursday 21 March 2013 | 19:33

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta - Camilan yang satu ini mirip donat. Diadaptasi dari kuliner Belanda. Bentuknya seperti bola dengan isian kismis dan bertabur gula bubuk. Empuk-empuk manis rasanya. Pastinya paling enak dimakan hangat untuk menemani secangkir kopi.

Oliebollen, sesuai dengan namanya, berarti bola-bola yang digoreng. Di Belanda camilan ini disajikan saat malam tahun baru. Namun sering juga dinikmati saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh. Di Inggris kue ini dikenal juga sebagai Dutch Doughnuts.

Sebenarnya kue ini pertama kali dimakan oleh suku-suku Jermanik di Belanda pada saat Natal, mulai dari tanggal 26 Desember hingga 6 Januari. Kue ini diyakini dapat mnegusir roh-roh jahat dan hilang ke langit. Oliebollen konon diadaptasi dari makanan Portugis, yang kemudian dibawa ke Belanda.

Kue berbentuk bola-bola yang tak rata ini terbuat dari tepung terigu, telur, ragi, garam, susu dan baking powder. Biasanya ditambahkan juga dengan kismis dan potongan buah apel. Bahan-bahan lainnya juga bisa ditambahkan seperti potongan kulit jeruk dan krim.

Camilan empuk ini hampir mirip dengan adonan donat. Semua bahan kering dicampurkan menjadi satu, kemudian ditambahkan bahan cair dan diuleni hingga rata dan kalis. Selanjutnya diistirahatkan beberapa saat hingga mengembang.

Adonan dibentuk bola-bola sebesar bola golf kemudian digoreng hingga kecokelatan. Sebelum disajikan, selagi hangat, oliebollen ditaburi gula bubuk. Paling enak pastinya dimakan selagi hangat!

(odi/dyh)

22 Mar, 2013


-
Source: http://food.detik.com/read/2013/03/22/092434/2200783/297/oliebollen-empuk-empuk-legit-erg-lekker
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger