Home » » Menganalisis pemakian bahasa indonesia yang dilakukan oleh pelaku sinetron

Menganalisis pemakian bahasa indonesia yang dilakukan oleh pelaku sinetron

Written By Unknown on Wednesday, 20 March 2013 | 17:20

Bahasa indonesia adalah bahasa kebangsaan kita. Dimana dalam berbahasa kita harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Disini saya mencoba menganalisa mengenai penggunaan bahasa indonesia dalam sinetron "Ustad Fotocopy"

Didalam sinetron ustad fotocopy banyak artis yang berperan dalam sinetron ini.  Dimana masing-masing berperan sebagai tokoh yang berbeda.  Dalam sinetron ustad fotocopy para pelaku tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Mereka lebih menggunakan bahasa indonesia yang tidak baku dan juga kasar sehingga sangat tidak pantas apabila sinetron ini ditonton oleh usia anak-anak. Tidak hanya itu, percakapan dalam sinetron tersebut menggunakan bahasa yang kurang dimengerti dan juga terkadang kata yang diucapkan sangatlah tidak baik. Sebut saja contoh tokohnya bang madid. Ia adalah seorang laki-laki yang sudah pergi haji tiga kali. Disinetron ini dia berperan sebagai ustad tetapi dia sangatlah kasar, tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik sehingga sinetron ini berakibat negatif bagi usia anak-anak. Karena pada usia anak-anak dimana mereka mudah menyerap kata-kata yang ditayangkan dalam sinetron kemudian akan diaplikasikannya dalam dunia sekolah, keluarga ataupun masyarakat.

Alangkah baiknya apabila sinetron menggunakan bahasa yang baik, tidak kasar, dan juga mudah dipahami didalam masyarakat. Sinetron yang menggunakan bahasa sehari-hari ini sangat menghibur tapi alangkah baiknya menggunakan bahasa yang baik atau sopan  dan mudah dipahami dalam masyarakat. Sehingga hasil yang dimunculkan pun akan berdampak positif bagi masyarakat.

Tidak  hanya itu, didalam sinetron ustad fotocopy juga bukan hanya menggunakan bahasa indonesia yang tidak baik. Tetapi sinetron tersebut menggunakan nada keras sehingga tidak baik apabila dicontoh oleh usia anak-anak. Bukan hanya bahasa, nada, saja tetapi disinetron ini tokoh yang bernama hajah halimah juga tokoh yang menggunakan bahasa indonesia yang tidak baik. Karena menggunakan kata kasar dan juga nada yang tinggi. Ia juga sebagai tokoh yang mengadu domba orang dan juga menyindir. Hal ini juga tidak baik apabila dicontoh oleh para masyarakat yang melihatnya.

Ada baiknya sinetron menggunakan bahasa indonesia yang baik, mudah dipahami, bernada sopan. Tidak harus menggunakan kalimat yang baku. Tetapi menggunakan bahasa indonesia yang baik sehingga hasilnyapun akan baik dikalangan masyarakat. Khususnya untuk usia anak-anak yang belum mengerti akan mana bahasa indonesia yang baik dan mana yang tidak baik. Sehingga tidak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

By, Sinta Sulistyoningrum 1112051000063

Ka_Pe_I II B 21 Mar, 2013


-
Source: http://humaniora.kompasiana.com/edukasi/2013/03/21/3/544625/menganalisis-pemakian-bahasa-indonesia-yang-dilakukan-oleh-pelaku-sinetron.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger