Home » » Wisata ke Suku Baduy di Lebak Banten

Wisata ke Suku Baduy di Lebak Banten

Written By Anonymous on Thursday 21 March 2013 | 18:38

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Udah lama juga gak nulis di kompasiana ini. Sebelumnya saya share soal sawarna, kali ini saya share soal suku baduy ahh.

Tempat Wisata  Banten memang yang cukup beragam dan menarik. wisata pantai Banten , wisata alam Banten, wisata sejarah banten dan tentu saja wisata budaya Banten sangat menarik untuk di kunjungi. Wisata budaya yang sangat terkenal di Banten adalah wisata budaya ke suku baduy.

Ya..termasuk salah satu suku asli Banten. Jumlahnya pendududuk suku baduy sekitar 5.000 - 8.000 orang.  Lokasi Suku Baduy tepatnya berda di kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten, berjarak sekitar 40 km dari kota Rangkasbitung.

Masyarakat Suka baduy di Banten termasuk salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar itulah salah satu keunikan suku baduy. Sehingga wajar mereka sangat menjaga betul 'pikukuh' atau ajaran mereka, entah berupa kepercayaan dan kebudayaan.

Masyarakat suku baduy benar-benar menjaga adat Istiadatnya dan sangat menjaga alam sekitar. Mereka sadar bahwa mereka hidup dari alam dan berdampingan dengan alam, sehingga mereka harus memiliki kearifannya terhadap alam. Banyak ajaran Suku Baduy berupa larangan atau anjuran yang sebenarnya di khususkan untuk menjaga agar alam.

Wilayah suku baduy sendiri terbagi kedalam 2 daerah yaitu suku baduy dalam dan baduy luar. Suku baduy dalam merupakan suku baduy yang benar-benar masih menjaga pikukuhnya sedangkan suku baduy luar merupakan suku baduy yang sudah berbaur dengan masyarakat sekitarnya.

Seperti apa suku baduy? bagaimana rute menuju kesana dan lainnya? simak di tulisan-tulisan dulang selanjutnya.

bagaimana menurut teman kompasianer soal suku baduy ini? mari berdiskusi di kolom komentar dibawah atau di page ini

Cahaya Cinta 22 Mar, 2013


-
Source: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/03/22/1/539231/wisata-ke-suku-baduy-di-lebak-banten.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger