Home » » Masalah Oli di Ulir Busi KIA Rio

Masalah Oli di Ulir Busi KIA Rio

Written By Anonymous on Thursday 21 March 2013 | 18:12

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta - Hallo detikOto, salam kenal. Mobil saya KIA RIO LS AT 2002, saya ada sedikit pertanyaan sebagai berikut:

1. Saya pernah buka busi (keadaaan mesin sudah panas), tapi mengapa di ulir businya terdapat oli? Apakah ini normal, atau ada kebocoran?

2. Mengapa saat berjalan mesin suka mati tiba-tiba (tidak didahului brebet)? Tetapi, jika distarter lagi mesin bisa menyala lagi normal.

3. Pernah juga mesin brebet saat macet (tapi tidak sampai mati), apa ada hubungannya dengan poin 2?

4. Saya rutin tune up dan ganti oli mesin setiap 5.000km, tetapi ketika sudah 2.500km, biasanya oli berkurang kira-kira 500mL. Apakah kondisi tersebut normal?

Terima kasih atas pencerahannya.
Timothy

Jawaban:

Hallo Timothy, salam kenal kembali. Saya coba bantu jawab satu-satu ya.

Busi basah oleh oli biasanya disebabkan oleh seal busi yang sudah getas atau rusak, sehingga oli dari atas turun ke lubang busi dan itu yang menyebabkan oli basah.

Untuk poin 2 dan 3 mesin bermasalah seperti itu bisa jadi disebabkan oleh kondisi busi yang basah oleh oli, karena busi basah pembakaran jelas tidak akan sempurna dan itu akan membuat mesin pincang atau brebet.

Faktor lain bisa disebabkan oleh pasokan bahan bakar yang tidak lancar, cek aja kondisi injector dan filter fuel pump-nya, bersihkan kalau memang belum pernah.

Oli berkurang dikarenakan beberapa faktor, bisa karena kebocoran, bisa karena masalah seperti pada poin 1 atau kalau oli yang digunakan tipe synthetic atau semi synthetic memang ada sedikit penguapan.

Demikian semoga membantu

Ajat Sudrajat-Twin Garage.

(ddn/ddn)

22 Mar, 2013


-
Source: http://oto.detik.com/read/2013/03/22/074425/2200716/1116/masalah-oli-di-ulir-busi-kia-rio
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger