Home » » “Potret Kehidupan Pasar Klithikan”Bukan Sekedar Barang Bekas

“Potret Kehidupan Pasar Klithikan”Bukan Sekedar Barang Bekas

Written By Anonymous on Thursday 14 March 2013 | 16:00

1363296888688002706

Matahari masih hangat ketika saya mengayuh sepeda onthel menuju pasar Klithikan. Hari itu Selasa  12 Maret 2013,Kliwon,harinya pasar tradisional di Cebongan Mlati . Sleman Yogyakarta. Berbekal kamera saku, saya mencoba menelusuri riuhnya gejolak kehidupan pagi di pasar klithikan ini. Terletak tak jauh dari Kantor Polisi Cebongan. Memang ada pusat pasar Klithikan di Yogyakarta , tapi itu sudah di kelola dan di beri kios oleh pemerintah daerah.

1363296972611554952

Apa yang menarik sehingga saya blusukan ke  pasar Klithikan Cebongan ini? Yang jelas pasar ini hanya ada ketika penanggalan jawa jatuh pada hari Kliwon. Saya menyusuri sepanjang pasar Klithikan yang cuma berjejer jejer di pinggiran jalan menuju pasar Cebongan, di sana terjadi transaksi yang bukan cuma sekedar beli dan bayar tetapi juga barter antar barang dan bahkan tukar tambah barang bekas.

13632970281400776099

Apa itu Klithikan? semacam pasar tempat menjual barang bekas, barang antik, barang yang mungkin sudah masuk gudang tak terpakai oleh pemiliknya lalu dijual ke pasar ini. Ada banyak motifasi pembeli, dari sekitar 5 orang  pembeli yang saya jumpai, ada yang mengaku  ke pasar klithikan untuk mencari suku cadang sepeda motor yang rusak, alasannya kalau beli di toko mahal. Lalu ada pula yang mengatakan berburu barang antik.Sebagian lagi  adalah para pengepul barang bekas yang berniat tukar tambah jenis barang yang ia inginkan dengan membayar separuh harga lalu menukarkan barang lain sebagai barter.

13632972241708472156

Ada yang menyebutnya pasar maling? Benarkah di sini adalah barang barang curian? Saya mencoba iseng bertanya pada salah seorang penjual bernama mas  Diman berumur sekitar 45 tahunan dan sudah berjualan sekitar 5 tahunan di pasar klithikan. Jawabnya simpel saja" saya kulakan dan beli sortiran barang bekas dari pemiliknya  mbak, jadi tidak benar kalau di sini pasar maling"

1363297286289370597

Ah apapun sebutannya saya tidak peduli, saya justru tertarik dengan kesibukan para penjual barang bekas ini saat pagi pagi mereka mendisplay barang dagangannya. Mulai dari cangkul karatan  sampai dengan kereta bayi semua ada di sini.Dijajakan dengan terbuka tak takut polisi menyita walau notabene berdekatan dengan kantor Polsek Cebongan.

13632973571502362958

Jika meneropong dari balik potret - potret kehidupan masyarakat kelas menengah ke bawah seperti ini, rasanya miris melihat para pejabat yang bergelimang harta dari hasil  korupsi milik negara, gonta ganti mobil mewah dan membeli barang barang mahal tanpa sungkan dengan rakyat miskin yang harus cukup puas dengan belanja barang rombengan dan karatan di pasar Klthikan

13632974091749873771

Seorang mahasiswa yang enggan saya sebutkan namanya, saya tanya, mas ransel di sini bagus juga ya? saya menyamar jadi pembeli agar dia tidak malu, Dia menjawab" iya mbak , daripada saya beli sepatu di toko di sini jauh lebih murah dan hemat, tinggal jahit ulang di penjahit tas di seberang sana, beres"

Ah, saya manggut manggut, mmm…semoga kulihmu lancar ya mas, dan kalau sukses jadi pejabat ingat ransel  rombenganmu, kata saya dalam hati.

1363297513394939488

Lantas saya mencoba  berbincang dengan salah satu pedagang barang antik bernama mbah Sumpono berusia kurang lebih 70 tahun tapi masih tampak bugar. Ia ternyata berdagang barang antik sudah sekitar 40 tahun, dan harga barangnya ada yang berkisar sampai dengan 500 ribu yakni keris Nogososro dan pamengkang jagad, aah jangan ditanya " mbah ini asli atau aspal?" cukuplah saya bertanya.." mbah 49 tahun jualan kok ya ndak kaya - kaya, hehehe" si mbah tertawa terpngkal pingkal. Itulah kadang suka duka penjual barang rombeng, tak jarang orang cuma ngelus elus keris atau akik koleksinya, ngobrol ngalor ngidul..alias gak ada juntrungan, tapi tidak jadi membeli. Toh si mbah Sumpono tetap saja setia menggelas barang dagangannya setiap Kliwon.

13632975511279160525

13632976181485238653

Pasar Klithikan tempat orang  kelas bawah mengais rejeki dan menggantungkan nasib asap dapur dari hasil menggelar dagangan di tepi jalan. Itulah potret kehidupan dimana pada sisi lain banyak orang berlomba mebeli barang mewah dengan uang korupsi, disini masih ada orang orang yang terpaksa harus cukup puas dengan barang bekas pakai. alias rombengan.

1363297663648427500

1363297796212995168

Ah, roda kehidupan berputar kawan, teruslah berjuang. Menggapai cita citamu setinggi langit dan menyuarakan kebenaran dari orang orang sederhana, Mencari sesuap nasi dengan berjualan barang bekas untuk anak istrimu di pasar klithikan lebih terhormat daripada menjual harga diri  dan di cap sebagai pejabat korupsi.

Bidan Care 15 Mar, 2013


-
Source: http://sosbud.kompasiana.com/2013/03/15/potret-kehidupan-pasar-klithikanbukan-sekedar-barang-bekas-537171.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger