Home » » Pesawat Drone mesin Pembunuh AS yg Menewaskan Kurang Lebih 4.700 Muslim

Pesawat Drone mesin Pembunuh AS yg Menewaskan Kurang Lebih 4.700 Muslim

Written By Unknown on Friday, 15 March 2013 | 17:18

sumber foto;www.citraindonesia.com

baru-baru ini seorang senator Amerika serikat menyatakan sekitar 4.700 orang termasuk  sejumlah warga sipil tewas dalam serangkaian serangan Bom maupun serangan Rudal Udara yg dilakukan oleh pesawat tanpa Awak (Drone) AS dibebera Wilaya ditimur tengah seperti Pakistan, Afganistan maupun di yaman.


Namun, Senator Partai Republik, Lindsey Graham, pendukung setia penggunaan
drone, secara terbuka menyebutkan jumlah yang melebihi berbagai perkiraan independen tentang jumlah korban. "Kami telah membunuh 4.700 orang," kata Senator Graham seperti dikutip Patch Easley, sebuah situs web lokal yang di kota kecil Easley di South Carolina.

Para pejabat AS menolak untuk membahas ke publik rincian dari program rahasia dan korban tewas akibat serangan pesawat tak berawak yang masih menjadi misteri.

sumber foto :lampost.co

Sebuah laporan oleh New America yang berbasis di Washington Foundation telah mengatakan bahwa  telah terjadi 350 serangan pesawat AS sejak 2004, sebagian besar dari mereka selama Presiden Obama menjabat.Yayasan Amerika Baru yang berbasis di Washington mengatakan telah terjadi 350 serangan pesawat tak berawak AS sejak 2004, sebagian besar dari jumlah itu terjadi pada masa kepresidenan Obama. Yayasan itu memperkirakan jumlah korban tewas antara 1.963 hingga 3.293 orang, dengan 261-305 warga sipil ikut tewas.

Menurut Biro Jurnalisme Investigatif yang berbasis di London, antara 2.627 sampai 3.457 orang telah dilaporkan tewas oleh pesawat tak berawak AS di Pakistan sejak 2004, termasuk 475 hingga 900 warga sipil. Perkiraan korban terkait dengan sejumlah serangan rahasia yang dilakukan CIA, dan tidak termasuk serangan drone di Afganistan yang memang berada di bawah otoritas militer AS dan tidak berselubung kerahasiaan.

pesawat Drone atau pesawat tanpa awak ini memang sangat canggi karena bisa dikontrol dari jarak jauh dan sejauh ini merupakan senjata andalan AS dalam memburu dan menghancurkan targetnya  namun kalau dilihat dari segi hukum internasional pengoperasian pesawat drone ini sangat bertentangan denagn hukum internasional karena pesawat ini sering memasuki wilayah udara maupun perairan negara lain tanpa izin.

selain itu tindakan menembak dengan rudal maupun menggunakan Bom yg mengakibatkan kalangan sipil meninggal juga sangat bertentangan dengan ham karna itu kiranya PBB bisa menindak lanjuti hal tersebut dimana sudah 4.700 orang meninggal akibat serangan pesawat drone yg dioperasikan AS. dan meminta AS mengklarifikasi akan hal tersebut dan merinci jumlah korban sipil yg tewas akibat kesalahan serangan.

dan karena itu PBB sebagai lembaga perserikatan bangsa-bangsa kiranya bisa memberikan sanksi kepada as jika ditemukan bukti pelanggaran hukum internasional yg telah dilakukan AS dengan memasuki wilayah kedaulatan negara lain dan menyerang dengan pesawat drone miliknya tanpa alasan yg jelas dan sering mengatasnamakan TERORIS untuk melancarkan serangannya.

Panji Wijaya 16 Mar, 2013


-
Source: http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/03/16/pesawat-drone-mesin-pembunuh-yg-menewaskan-kurang-lebih-4700-orang-537232.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger