Home » » Irman Gusman Resmikan 100.000 RST

Irman Gusman Resmikan 100.000 RST

Written By Unknown on Wednesday, 13 March 2013 | 15:41

INILAH.COM, Solok - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H Irman Gusman SE MBA meresmikan 100.000 unit Rumah Sejahtera Tapak (RST), di Ibukota Kabupaten Solok, Arosuka, Rabu (13/3/2013).

Peresmian RST yang dibangun developer anggota Real Estate Indonesia (REI) itu diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT REI ke-41 yang dipusatkan di Sumatera Barat.

Acara tersebut dihadiri Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan Menteri Perinsdutrian MS Hidayat, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Ketua Umum DPP REI Setya Muharso, Wakil Bupati Solok Desra Ediwan Anan Tanur, Ketua DPRD Syafri Dt Siri Marajo

serta ratusan tamu undangan hadirin lainnya. Berikutnya juga hadir Ketua DPD REI Sumbar Alkudri serta pengurus REI dari seluruh Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Irman mengatakan alangkah baiknya jika subsidi bahan bakar minyak (BBM) khususnya jenis premium yang besarnya mencapai triliunan rupiah di APBN, sebahagian di antaranya dialihkan untuk program pembangunan perumahan yang pro rakyat.

Hal tersebut akan sangat membantu. Karena selama ini suku bunga pinjaman bank yang masih terlalu tinggi dan uang muka kepemilikan rumah yang juga cukup besar, membuat masyarakat kecil yang berpenghasilan rendah tak sanggup membeli rumah.

Walau melalui fasilitas kredit kepemilikan rumah yang dibangun perusahaan pengembang sekalipun. Jika sebahagian subsidi BBM yang jumlahnya triliunan rupiah di APBN itu bisa dialihkan untuk subsidi program pembangunan perumahan yang pro rakyat, maka akan semakin banyak perumahan-perumahan yang bisa dibangun dan disediakan oleh pemerintah bagi rakyatnya. Terutama bagi 13,6 juta rakyat Indonesia yang masih belum memiliki rumah layak huni, yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Irman Gusman juga menegaskan bahwa DPD RI juga ikut mendorong pemerintah dan DPR untuk lebih mempercepat proses pembahasan RUU Perumahan Rakyat, agar bisa disahkan sesegera mungkin menjadi Undang-Undang.

"Diperlukan langkah-langkah strategis dan kebijakan yang pro rakyat dalam rangka mendorong pemerintah mengalokasikan anggaran yang lebih besar di APBN guna kepentingan program pembangunan perumahan bagi masyarakat miskin," ujar Irman.

Irman Gusman juga mengemukakan, pentingnya mengembalikan lagi khitah Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai bank yang berpihak kepada program pembangunan perumahan untuk rakyat. Sejauh ini, BTN memang identik sebagai mitra kerja usaha bagi pemerintah, dalam rangka pembelian rumah yang dibangun pengembang anggota REI secara kredit oleh masyarakat.

Sebelumnya Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan pemerintah mengapresiasi REI atas kerja sama yang telah terjalin baik selama ini terutama dalam program pembangunan perumahan bagi masyarakat banyak. Dia berharap walau program pembangunan perumahan untuk rakyat mempunyai tantangan tersendiri, kerja sama pemerintah dengan anggota REI di seluruh Indonesia bisa lebih ditingkatkan lagi secara signifikan.

Terutama dalam rangka memaksimalkan pembangunan perumahan rakyat, di mana setiap tahunnya pemerintah dan REI, baru bisa membangun 400.000 unit rumah setiap tahunnya.

"Sementara kebutuhan akan pembangunan perumahan setiap tahunnya sebanyak 800.000 unit," paparnya.

Ketua Umum DPP REI Setya Muharso dalam laporannya mengatakan, peresmian 100.000 unit RST di Arosuka Kabupaten Solok Sumbar itu, adalah yang keempat kalinya dilakukan dan yang pertama kali dilaksanakan di luar Pulau Jawa.

Tiga kali peresmian sebelumnya masing-masing di Semarang, Jawa Tengah yang diresmikan Presiden SBY tahun 2006, di Jonggol Jawa Barat tahun 2007 dan di Lamongan Jawa Timur tahun 2009.

Sepanjang tahun 2012 anggota REI di seluruh Indonesia telah membangun 104.042 unit RST termasuk di antaranya yang 308 unit di komplek perumahan Nuansa Griya Arosuka Kabupaten Solok itu dengan harga jual maksimal Rp88 juta per unit.

Sebelum mengakhiri kunjungannya ke Arosuka, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menpera Djan Farid, Menperin M Hidayat, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Ketua Umum DPP REI Setya Muharso didampingi Wakil Bupati Solok Desra Ediwan dan Kepala Dinas PU setempat Fathol Bahri meninjau langsung komplek perumahan Nuansa Griya di Arosuka. [mes]

14 Mar, 2013


-
Source: http://sindikasi.inilah.com/read/detail/1967458/irman-gusman-resmikan-100000-rst
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger