Home » » Syamsir Alam: Jika Dipanggil Saya Pasti akan Gabung ke Timnas

Syamsir Alam: Jika Dipanggil Saya Pasti akan Gabung ke Timnas

Written By Anonymous on Monday 18 March 2013 | 16:41

TRIBUNNEWS.COM – Bintang masa depan Indonesia, Syamsir Alam, menyempatkan pulang ke tanah air di tengah jadwal latihan nan sibuk bersama tim anyarnya, DC United.

Pemilik nomor punggung 6 ini bercerita tentang banyak hal, baik soal sepak bola maupun di luar arena. Berikut petikan wawancara dengan pemain berusia 20 tahun tersebut, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2013).

Q: Bagaimana kondisi di sana sekarang?

A: Saya senang bisa mendapatkan kesempatan merasakan debut bersama DC United. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Pelatih memberikan saya kepercayaan dan bersyukur bisa memanfaatkannya. Hasil di laga resmi perdana membuat saya optimistis dapat memberikan yang terbaik, dan itu sudah saya rasakan. Saya sangat senang bisa berkontribusi untuk tim. Mudah-mudahan saya bisa lebih baik lagi di pertandingan berikutnya. Apalagi pelatih sangat mendukung saya untuk berkembang.

Q: Bagaimana status anda di klub DC United?

A: Status saya masih pinjaman dari dari CS Vise untuk satu musim, tetapi akan dilihat lagi kemampuan saya. Kalau saya dinilai bagus, saya akan menjadi pemain tetap. Dan itu yang kini tengah saya lakukan semaksimal mungkin.

Q: Apa target kamu di DC United?

A: Pertama, saya ingin menembus tim inti. Karena saya belum tentu menjadi pilihan utama pelatih. Target kedua, saya ingin bisa tampil optimal agar bisa mendapat kontrak permanen dari DC United. Target ini menjadi tantangan baru buat saya.

Q: Adakah tekanan tatkala publik Indonesia memiliki ekspektasi tinggi untuk menjadi bintang?

A: Perasaan itu jelas ada, tapi saya mengerti itu bagian dari resiko. Saya tidak pernah mau harapan dari publik menjadi beban saya. Saya ingin menjadikan ini semangat dan meminta doa kepada masyarakat supaya bisa sukses di sana. Saya harus optimis mudah-mudahan dapat tempat di sana dan menunjukkan kalau Indonesia itu punya talenta sepakbola yang bagus

Q: Apa pesan Anda terhadap anak-anak di Indonesia?

A: Sepakbola itu olahraga semua kalangan. Semua orang bisa bermain bola. Maksudnya jangan takut tidak punya modal. Cukup punya sepatu bola dan kemauan saja menurut saya sudah sangat bagus. Kalau kalian ingin menjadi pemain harus punya kemauan besar dan menunjukkan itu di lapangan.

Q: Setelah bergabung dengan DC United, apa yang Anda inginkan?

A: Saya sangat bersemangat bisa bermain di DC United. Ini merupakan kesempatan emas yang harus saya manfaatkan dengan baik setelah sempat bermain di Uruguay dan Belgia. Selagi ada kesempatan, kenapa tidak dicoba. Sampai saat ini saya merasa bukan pemain hebat. Masih banyak pemain yang lebih hebat dari saya. Saya hanya merasa beruntung. Namun, saya ingin menyampaikan kepada Amerika dan dunia, Indonesia juga memiliki pemain yang bagus dan bisa bertanding di level internasional.

Q: Mengenai atmosfer MLS, bagaimana komentar Anda?

A: Saya sudah melihatnya dari Youtube. MLS mulai dikenal saat David Beckham datang ke LA Galaxy disusul pemain bintang dunia lainnya. Atmosfer di sana sangat luar biasa.

Q: Apa impian Anda selanjutnya?

A: Sama seperti pemain lainnya, saya ingin bermain di Eropa. Tapi, itu masih terlalu jauh. Saya akan mencoba secara bertahap. Saya punya mimpi bermain untuk Manchester United. Namun, saya rasa itu sulit sekali. Karena belum ada pemain Indonesia bermain di Liga Inggris, apalagi memperkuat tim sebesar MU.

Q: Sering kangen sama Indonesia?

A: Kangen makanan dan suasana. Kalau kangen biasanya saya menelepon atau via skype ke teman dan orang tua. Tapi sebisa mungkin saya beradpatasi dengan kondisi di sana. Saya menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan ke beberapa tempat favorit di sana.

Q: Tato di tangan kanan bergambar wanita, siapa dia?

A: Dulu saya suka sama dia, tetapi dia tidak suka sama saya. Jadi saya melukiskan dia melalui tato di tubuh saya. Kalau pacar saya tidak punya.

Q: Ada kiat khusus untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan?

A: Saya makan teratur seperti orang normal lainnya. Selain itu saya juga hidup disiplin. Seperti saat ini walaupun saya sedang berada di Indonesia, tetapi manajemen klub mengirimkan saya email. Di email tersebut dijelaskan mengenai apa-apa saja yang harus saya lakukan.

Q: Bagaimana tanggapan Anda mengenai timnas Indonesia?

A: Saya tadi dihubungi Rahmad Darmawan, dia melatih saya di SEA Games 2011. Saya diminta bergabung di timnas. Saya pasti gabung ,apalagi RD tahu secara personel siapa saya. Saya memiliki jiwa nasionalisme tinggi. Tanpa dibayar saya siap membela Merah Putih.

Q: Bagaimana dengan keluarga?

A: Saya senang sekali dengan ibu saya. Keluarga senang sekali, mereka tidak pernah mengharapkan seperti bagaimana-bagaimana. Ayah saya orang Padang, dan disuruh merantau. Makin jauh makin bagus. Jadi mereka mendukung penuh langkah saya bermain di AS. (Tribunnews.com/gle)

19 Mar, 2013


-
Source: http://www.tribunnews.com/2013/03/19/syamsir-alam-jika-dipanggil-saya-pasti-akan-gabung-ke-timnas
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger