Home » » Sulit Makan, Ratusan Monyet Serbu Lahan Pertanian

Sulit Makan, Ratusan Monyet Serbu Lahan Pertanian

Written By Anonymous on Tuesday 12 March 2013 | 19:01

INILAH.COM, Garut - Entah karena kelaparan dan sulit mendapatkan makanan, ratusan monyet turun gunung menyerang lahan pertanian warga.

Para petani di sejumlah kampung di Desa Sindangsuka Kecamatan Cibatu dipusingkan dengan ulah ratusan ekor monyet yang kerap menyerang dan merusak lahan pertanian mereka dalam sepekan terakhir ini.

Tanaman yang menjadi sasaran monyet-monyet tersebut, antara lain jagung, kacang-kacangan, dan buah-buahan. "Yang kita khawatirkan, kalau dibiarkan, tanaman pertanian bisa habis, dan mungkin saja monyet-monyet itu menyerang warga," kata Nana (51), petani warga Kampung Pulo Desa Sindangsuka, Selasa (12/3/2013).

Senada dikemukakan petani lainnya, Yuyus (40). Dia mengaku melihat sendiri monyet-monyet datang menjarah lahan pertanian warga secara berkelompok. Setiap kelompok rata-rata terdiri atas 10 ekor monyet. Hewan primata itu menjarah pisang atau buah-buahan lain yang ada di lahan warga.

"Kelihatannya seperti rombongan keluarga. Ada anaknya segala. Saya sendiri enggak bisa apa-apa karena takut," ujarnya.

Diduga monyet-monyet itu menyerbu lahan pertanian warga akibat habitat mereka terganggu. Sehingga mereka menyerang lahan pertanian warga yang bahkan dekat perkampungan. "Tapi kalau kedatangan mereka dibiarkan juga, siapa yang bertanggung jawab kalau nanti ada warga jadi korban diserang mereka. Namanya juga binatang," kata Suherman (42), warga Kampung Cigalumpit.

Kepala Desa Sindangsuka Turmawan menyatakan, kejadian lahan pertanian warga dijarah monyet di daerahnya sudah biasa terjadi sejak lama. Rombongan monyet tersebut hanya menyerang lahan pertanian warga. Mereka tidak pernah menyerang warga.

"Itu hanya monyet yang matuh (tinggal menetap) di dekat aliran Sungai Cimanuk. Dari dulu mereka ada di sana dan tak pernah ada warga sampai diserang," terang Turmawan.

Belum ada laporan berapa kerugian diderita para petani akibat serbuan monyet-monyet tersebut. Terpisah, Camat Cibatu Teten Sundara mengaku, pernah mendapatkan laporan dari pihak pemerintahan Desa Sindangsuka mengenai kehadiran ratusan monyet di lahan-lahan pertanian warga. "Tapi saya belum pernah menerima laporan ada warga diserang monyet," katanya.

Dia menyebutkan, monyet-monyet tersebut merupakan monyet yang habitatnya berada di sekitar pinggiran aliran Sungai Cimanuk di kawasan Desa Sindangsuka. "Mereka hanya mencari dan mengambil makanan dari lahan pertanian saja. Enggak sampai menyerang manusia sehingga tidak perlu khawatir. Namun, memang tetap kita imbau warga untuk waspada," imbuhnya. [den]

13 Mar, 2013


-
Source: http://nasional.inilah.com/read/detail/1967051/sulit-makan-ratusan-monyet-serbu-lahan-pertanian
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger