Home » » Robot Penjelajah Curiosity Error, NASA Tidak Panik

Robot Penjelajah Curiosity Error, NASA Tidak Panik

Written By Anonymous on Tuesday 19 March 2013 | 17:03

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

INILAH.COM, Washington - Robot rover penjelajah planet Mars, Curiosity mengalami masalah kerusakan error pada software-nya yang menghambat tugasnya di planet Merah tersebut. Seperti apa kerusakannya?

Pada 11 Maret lalu, NASA telah menerapkan dua patch software pada Curiosity setelah robot tersebut baru saja 'sembuh' dari masalah pada salah satu komputer di dalamnya.

Kali ini robot canggih tersebut kembali mengalami masalah, yakni kerusakan error file data software yang menghambatnya dari melakukan sebagian besar tugasnya, walaupun tetap dapat berkomunikasi dengan tim NASA dalam modus Safe Mode.

Menurut NASA, Safe Mode disebabkan oleh kegagalan perintah dalam pemeriksaan ukuran file data, yang menyebabkan robot tersebut secara otomatis kembali ke Safe Mode.

Kerusakan ini terjadi pada Sabtu (16/3) waktu setempat. Insinyur NASA berharap Curiosity dapat melanjutkan misinya yang dijadwalkan dalam beberapa hari kedepan.

Penjadwalan tersebut mengikuti moratorium dalam empat pekan ke depan, dengan NASA yang akan berkomunikasi dengan Curiosity pada 4 April mendatang sehubungan dengan fenomena pensejajaran bintang-bintang.

Fenomena tersebut dapat menempatkan matahari dalam sebuah posisi yang dapat menyebabkan gangguan transmisi yang dikirimkan pada Curiosity. Beruntung, dalam situs resminya NASA menyatakan masalah tersebut mudah untuk dipecahkan.

"Masalah seperti ini mudah untuk ditangani. Kami hanya perlu menghapus file data yang kita tidak diperlukan lagi, dan kami tahu bagaimana untuk mencegah hal ini terjadi di masa depan," demikian penjelasan NASA. [ikh]

20 Mar, 2013


-
Source: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1969297/robot-penjelajah-curiosity-error-nasa-tidak-panik
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger