Home » » Kroasia vs Serbia Dipanaskan Pernyataan Rasis

Kroasia vs Serbia Dipanaskan Pernyataan Rasis

Written By Unknown on Wednesday, 20 March 2013 | 16:13

TRIBUNNEWS.COM, ZAGREB - Laga panas bakal terjadi di Maksimir, Zagreb, Sabtu (23/3) mendatang, saat derbi Balkan menghadirkan Kroasia versus Serbia. Partai ini berpotensi rawan rusuh.

Pada partai Grup A babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa tersebut, sentimen historis menjadi bumbu pedas tersendiri. Rivalitas sejarah dan komentar pedas Zdravko Mamic akan membuat laga ini semakin menegangkan.

Lepasnya Kroasia dari Yugoslavia pada 1991 akibat masalah ras menjadi awal dari keruntuhan Yugoslavia yang kemudian berganti nama menjadi Serbia dan Montenegro. Serbia dan Montenegro kemudian berpisah pada 2006.

Berdasarkan sensus 2011, terdapat sekitar 57.900 orang keturunan Kroasia di Serbia. Mereka adalah yang tersisa dari korban-korban genosida imbas perang pada era 90-an. Cukup terbayangkan bagaimana jika Kroasia dan Serbia beradu di atas lapangan hijau. Tidak heran jika rivalitas antara Kroasia dan Serbia disebut-sebut sebagai yang paling kejam di dunia.

Atmosfer jelang derbi Balkan pertama sejak Serbia berdiri sendiri semakin panas setelah Direktur Eksekutif Dinamo Zagreb, Zdravko Mamic, mengeluarkan pernyataan berbau rasis. Pada suatu talk show yang disiarkan radio Soundset, Mamic menuding Menteri Pendidikan dan Olahraga Kroasia yang berdarah Serbia, Zeljko Jovanovic, sangat membenci berbagai hal yang berbau Kroasia.

Mamic belakangan meminta maaf telah mengeluarkan pernyataan tersebut. Namun demikian, Mamic tidak ingin menarik kecamannya kepada Jovanovic yang dia anggap meneror atlet-atlet Kroasia.

"Saya menyesali apa yang telah saya katakan, namun tidak demikian halnya terhadap apa yang saya katakana kepada Zeljko Jovanovic. Dia meneror atlet-atlet Kroasia, namun paling sering dia lakukan kadalah menyerang Federasi Persepakbolaan Kroasia dan Dinamo (Zagreb)," kata Mamic dikutip dari Dalje.

Mamic yakin ucapannya tidak akan memengaruhi derbi Balkan pada akhir pekan ini. Mamic tidak memungkiri jika akan ada perang kata-kata di tribun penonton, namun tidak akan melenceng dari kaidah olahraga.(Tribunnews.com/deo)

21 Mar, 2013


-
Source: http://www.tribunnews.com/2013/03/21/kroasia-vs-serbia-dipanaskan-pernyataan-rasis
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger