Home » » Hati-Hati dengan PKS

Hati-Hati dengan PKS

Written By Unknown on Monday, 18 March 2013 | 17:30

Banyak tulisan yang sudah mengungkap dan melihat kekuatan PKS  dalam hal kader, soliditas struktur dan kepemimpinan, dan ini memang tak terbantahkan, bagaimana PKS bergerak dan bertahan dalam terpaan badai. (Banyangkan saja belum ada Partai di Indonesia, yang  Presiden/Ketua Partainya  dijadikan tersangka lalu langsung ditahan, terus  mengundurkan diri, lalu hari berikutnya sudah ada  Presiden/Ketua Partai yang baru – tanpa ada gejolak dan perpecahan secara internal, bahkan sebaliknya -) Hal inilah letak penting 3 (tiga) point di atas, yaitu kader, soliditas struktur dan kepemimpinan.

Saya ingin kita melihat dari sisi yang lain, sehingga patut untuk kita mengatakan : Berhati-Hatilah dengan PKS.

Prof. Greg Fealy - The Australian National University (ANU) pernah menyatakan bahwa AKP (Adalet ve Kalkinma Partisi) atau Partai Keadilan dan Pembangunan di Turki sebagai partai Islamis paling suk­ses di dunia yang berhasil memenangkan pemilu secara de­mokratis. Dan partai Islamis paling sukses kedua di du­nia yang juga bertarung melalui mekanisme demokrasi elek­toral dan prosedural adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Indonesia.

PKS sekarang menjelma menjadi partai Islam terbesar di Indonesia. Pada Pemilu 2009, PKS menjadi satu-satunya partai Islam yang sukses menaikkan dukungan elektoral di tengah merosotnya per-forma elektoral partai-partai Islam dan partai nasionalis akibat melonjaknya suara Partai Demokrat.

Dan tentunya setelah terpaan badai (Dijadikannya LHI sebagai tersangka) maka Pemilu 2014 akan menjadi sebuah masa pembuktian eksistensi dan daya tahan – survive PKS dalam sebuah persaingan.

Ada 3 (Tiga) point penting lain, yang rada unik bagi PKS :

Pertama ; PKS bukan sekedar Partai Politik tapi juga gerakan sosial-keagamaan. Makanya PKS juga disebut sebagai Partai Dakwah, sehingga andaikata PKS bubar maka bukan berarti gerakan social keagamaannya hilang. Gerakan ini sudah mulai mengakar dan merambah banyak bidang sendi kehidupan. Asal-usul PKS tak bisa dilepaskan dari gerakan dakwah kampus Jamaah Tarbiyah, yang kemunculannya bisa ditelusuri sejak akhir 1970 an atau awal 1980 an. Sehingga dibanding sebagian besar partai Islam lain di Indonesia ataupun partai nasionalis dan nekuler, maka PKS tentunya jauh berdeda. PKS Unik.

Kedua ; Sistematis dan Terukur. Hal ini bisa dilihat dalam banyak hal, misal dalam kaderisasi. PKS tam­pil berbeda melalui sistem kaderisasi yang terorganisir dan sistematis serta meniscayakan komitmen dan keterlibatan aktif para kadernya. Dilain pihak partai-partai  lainnya hanya memiliki persentuhan yang minim di tingkat akar rumput dan hanya melakukan proses kaderisasi yang sporadis, hal ini berbuntut dalam hal regenerasi kepemimpinan di setiap level.  Aspek Sistematis dan Terukur ini juga bisa terlihat dalam hal perencanaan dan penancapan tujuan PKS. Bahkan disetiap level kepengurusan partai perencanaan yang sistematis dan terukur sangat diutamakan, entah itu di DPW (Provinsi), DPD (Kab/Kota), DPC (Kecamatan), dan semuanya dibagun dalam rapat-rapat secara rutin.

Pada Pemilu 2014 ini PKS manargetkan tembus 3 Besar, tentunya hal ini bukan sekedar target tanpa analisa yang matang, terencana dan terukur. Dan tentunya setelah terpaan badai awal tahun 2013 ini, maka Pemilu 2014 semakin membuat PKS consent dn focus pada tergetnya, 3 Besar.

Ketiga ; Napas Panjang. PKS manyoritas diisi anak muda sehingga masa aktif dan produktifnya relatif panjang. Bahkan bukan sekedar muda tapi mereka juga professional, karena manyoritas mereka adalah sarjana dari berbagai keilmuan, ada yang S1, S2 dan bahkan tidak sedikit  yang S3. Dan juga banyak yang meraih sarjananya di luar negeri. Sehinnga tidak usah bingung kalau suara PKS di Luar Negeri cukup banyak.

Napas Panjang inilah yang disebut Anis Matta sebagai penentu kemenangan, karena pemenang peperangan bukan yang terbanyak menghancurkan lawan, namun pemenangnya adalah yang paling Panjang Napasnya.

// Maka Bagi Pengurus Partai Peserta Pemilu 2014 dan Bagi  anda yang membenci dan sinis dengan PKS,                BerHati-Hatilah dengan PKS   

Zakyzahra Tuga 19 Mar, 2013


-
Source: http://politik.kompasiana.com/2013/03/19/hati-hati-dengan-pks-543558.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger