Home » » Gunung Tangkubanparahu Berstatus Normal

Gunung Tangkubanparahu Berstatus Normal

Written By Unknown on Monday, 18 March 2013 | 16:41

INILAH, Bandung - Kabar baik bagi masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu. Gunung di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang itu kini berstatus normal.

"Terhitung tanggal 18 Maret 2013 pukul 16.30 WIB, status Gunung Tangkubanparahu diturunkan dari Waspada (level II) menjadi Normal (level I)," ujar Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Surono, Senin (18/3/2013).

Diturunkannya status waspada itu, kata Surono, karena menurunnya gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal. Bahkan, tidak lagi terekam tremor-tremor yang berdurasi lama.

Selain itu, katanya, konsentrasi gas SO2 pada letusan gunung tersebut juga mengalami penurunan. Awalnya, konsentrasi gas mencapai sekitar 5,2 ton per hari namun kini hanya 2,1 ton per hari.

Lebih lanjut Surono menjelaskan, kembang kempisnya deformasi Gunung Tangkubanparahu itu, menunjukkan adanya kondisi stabil. Melihat kondisi itu, pihaknya berani menurunkan status karena tidak terjadi pengembangan. "Kami menurunkan status karena data menunjukkan kondisi stabil," ucapnya.

Meski sudah berstatus normal, PVMBG merekomendasikan kepada para wisatawan untuk tidak masuk ke Kawah Ratu dan Kawah Upas. Pasalnya, sewaktu-waktu kawah masih bisa mengeluarkan gas yang berbahaya.

Tidak hanya itu, para pedagang yang kerap berjualan di sekitar kawah juga dihimbau agar tidak menginap di kios. Jika terjadi mendung, pihaknya khawatir akan terjadi akumulasi gas yang kemudian tersebar di sekitar kawah yang bisa berbahaya bagi masyarakat yang tidur.

Menurutnya, lubang letusan masih menganga lebar sehingga gas lebih mudah keluar meski volumenya kecil."Jangan masuk ke kawah, pengunjung boleh disekitarnya saja dan pedagang tidak boleh menginap di kios," pungkasnya.

Seperti diketahui, Gunung Tangkubanparahu berstatus waspada terhitung sejak 21 Februari 2013. Ketika itu, terjadi sterilisasi aktivitas manusia dengan radius 1,5 kilometer mengingat kandungan gas vulkanik melebihi ambang batas yang berbahaya bagi kehidupan.[den]

19 Mar, 2013


-
Source: http://www.inilahkoran.com/read/detail/1969030/gunung-tangkubanparahu-berstatus-normal
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :
Related Articles


0 comments:

Post a Comment

 
Support : blogger.com | google.com | youtube.com
Copyright © 2013. Blogger Dalam Berita - All Rights Reserved
Template Created by google Published by google
Proudly powered by Blogger